Apakah Aplikasi Untabs Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan Komputer ? - Codexsec

Breaking

Monday, February 12, 2018

Apakah Aplikasi Untabs Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan Komputer ?


Apa itu UnTabs?

UnTabs adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi yang bisa kalian lihat di daftar aplikasi di semua browser. Masing-masing diciptakan oleh seseorang, dan, jelas, sangat diminati.

Namun, jika kalian tidak sengaja tersandung pada program semacam itu, kalian tidak akan pernah mendengarnya, karena sama sekali tidak berguna.

Mari kita lihat fungsi utama aplikasi UnTabs. 

Fungsinya sederhana: 

Aplikasi ini memungkinkan kalian menutup semua tab yang terbuka di browser dalam satu daftar, dan kemudian menyebarkannya ke status semula.

Terus terang, hampir tidak ada yang akan mendownload aplikasi ini, karena tidak membantu kalian dalam berselancar web.

Namun demikian, puluhan ribu komputer di seluruh dunia sudah terinfeksi dengan program UnTabs, dan pengguna mereka mengeluh tentang perlambatan PC dan banyaknya iklan.


Bagaimana UnTabs masuk ke sistem

Pertama, kalian perlu menentukan bagaimana UnTabs menembus komputer pengguna. Karena program ini tidak memiliki fungsi yang berguna, dan kemungkinan download langsung sangat kecil, pasti ada cara lain.

Metode ini disebut bundling dan ini adalah cara yang paling mudah dan efektif untuk mendistribusikan program periklanan.

Scammers sangat menyukai bundling karena metode ini memerlukan sedikit waktu dan usaha, dan juga menghilangkan semua tanggung jawab dari scammers, karena pengguna secara mandiri menginstal adware dan memastikan kepatuhan terhadap semua kondisi dan fungsi tambahan.

Mari kita jelaskan metode ini secara singkat: scammers membuat paket program gratis dimana hanya satu program yang berguna, dan sisanya adalah adware atau virus.

Paket tersebut memiliki nama satu program yang berguna, dan selama penginstalannya, pengguna terpaksa menginstal semua program yang ada dalam paket, sementara menurutnya hanya menginstal satu paket.

Sekarang kita sampai pada masalah lain, yaitu kenyataan bahwa UnTabs tidak bertindak sendiri. Instalasi terbungkus menyiratkan bahwa beberapa virus menembus komputer, yang berarti kalian harus khawatir tidak hanya tentang UnTabs tapi juga beberapa program lainnya.

Selain itu, setiap program periklanan oleh tindakannya mendorong pengguna untuk mengunjungi situs web yang tidak dapat dipercaya yang mendistribusikan malware, darimana lebih banyak virus masuk ke komputer dan sebagainya.

Lingkaran ini tidak pecah sendiri, dan pengguna bisa mematahkannya hanya dengan menghapus semua program yang tidak diinginkan dari komputernya.

Cara menghapus UnTabs

Ada dua cara utama untuk menghapus virus yaitu otomatis dan manual.

Sayangnya dalam kasus UnTabs, kami tidak dapat menyarankan kalian untuk menghapusnya secara manual karena banyaknya virus di komputer membuatnya terlalu lambat, dan mengurangi efisiensi penghapusan manual.

Mungkin butuh waktu berjam-jam untuk benar-benar membersihkan komputer dalam mode manual, karena semua konflik adware saling terkait dan bekerja di latar belakang, memperlambat sistem dan mengurangi kinerja.

Selain itu, banyak virus dilengkapi dengan mekanisme keamanan, seperti kemampuan untuk menginstal ulang setelah penghapusan, dll.