6 Tips Mempertahankan PC Dari Serangan Virus dan Worms - Codexsec

Breaking

Thursday, February 8, 2018

6 Tips Mempertahankan PC Dari Serangan Virus dan Worms


Apakah kalian seorang administrator sistem dari perusahaan besar atau pengguna biasa, virus dan worm dapat dengan mudah mempengaruhi sistem komputer jika tindakan pencegahan yang tepat tidak dilakukan.

Jenis kerusakan yang terjadi pada komputer dapat bervariasi dari yang kecil sampai yang parah dengan masalah umum yang terkait dengan kinerja lambat, spoofing email, atau penghancuran total PC.

Masalah yang paling parah bisa menyebabkan hard disk terhapus.

Berikut adalah enam aturan dasar untuk membantu melindungi PC:

Perangkat lunak keamanan yang kuat 

Instal paket perangkat lunak keamanan dengan nilai tertinggi di PC dan pastikan terus diperbarui.

Paket perangkat lunak yang telah terbukti akan meningkatkan kemampuan untuk melawan serangan dari spyware, hacker, dan trojan, dan mencakup banyak teknologi yang berbeda, seperti anti-phishing, anti-spam, firewall, anti-spyware, dan anti-virus.

Plus, gunakan perangkat lunak paling canggih yang terus berjalan di latar belakang dan akan terus memindai file, lampiran email, situs web, atau program lainnya saat digunakan.


Penyedia Layanan Internet

Daftar ke penyedia layanan internet yang handal (ISP) yang menggunakan teknologi anti-phishing dan anti-spam yang kuat untuk mencegah banyak virus bahkan sampai ke PC.

Pembaruan Windows Otomatis

Biarkan update OS Windows secara otomatis untuk memastikan perangkat lunak terbaru selalu terinstal di PC.

Windows sering merilis patch yang membantu memperbaiki kerentanan yang diketahui. Jika ini tidak diunduh begitu dirilis, ada risiko spyware atau Trojan yang lebih besar yang menginfeksi komputer.

Lampiran Email 

Hindari membuka lampiran email kecuali jika dikirim oleh seseorang yang kalian kenal dan percayai.

Sebagian besar program perangkat lunak keamanan dapat diatur untuk secara otomatis melakukan pemindaian lampiran saat diterima.

Selain itu, program email pilihan tidak boleh diatur untuk secara otomatis membuat grafik atau membuka lampiran.

Berbagi Berkas Peer-to-peer 

Gunakan ekstra hati-hati saat menggunakan teknologi Peer-to-peer (P2P) untuk berbagi media digital karena mudah menyembunyikan trojan dalam jenis program ini.

Mirip dengan email hanya buka file-file ini ketika mereka berasal dari sumber terpercaya. Ekstensi file tertentu harus dihindari termasuk yang berakhir dengan kelelawar, bin, cmd, dll, lnk, scr, dan vbs.

Back up Secara Teratur

Membuat cadangan file penting di PC pasti akan bermanfaat dalam kejadian disayangkan diserang oleh virus atau worm.

Jika PC menjadi tidak responsif atau file hilang setelah serangan, cadangan akan memudahkan pemulihan kehilangan informasi pribadi (laporan bank atau pengembalian pajak), film, musik, foto, dll.