Bagaimanakah Masa Depan Drupal? - Codexsec

Breaking

Thursday, February 8, 2018

Bagaimanakah Masa Depan Drupal?


Data pangsa pasar terbaru yang diposkan di berbagai situs menunjukkan bahwa Drupal saat ini merupakan salah satu dari 10 sistem pengelolaan konten teratas tahun 2017.

Saat ini, WordPress dan Joomla memiliki pangsa pasar yang lebih besar daripada Drupal.

Tapi Drupal masih memiliki pangsa pasar yang lebih besar daripada sistem manajemen konten lainnya termasuk Magento, Blogger, Bitrix, TYPO3, Squarespace dan Shopify.

Drupal saat ini sedang digunakan oleh beberapa situs besar dan lalu lintas tinggi termasuk situs berita FedEx, situs beta aplikasi AT & T, Sun Microsystems Java.net, Situs Lab Reuter, situs CNNgo CNN, Grammy, dan ConsumerSearch.

Seperti sistem manajemen konten open source lainnya, Drupal juga membantu pengguna untuk membuat, menerbitkan, menyimpan, dan mengelola konten digital tanpa mengeluarkan lebih banyak uang.

Pada saat yang sama, Drupal mempercepat pengembangan situs web kustom dengan menyediakan antarmuka admin sederhana dan berbagai modul.

Selain membuat Drupal user-friendly, antarmuka admin juga membantu pengguna mengelola situs dengan banyak halaman secara efisien.

Pada saat yang sama, modul yang dikembangkan dan dikelola oleh pengembang profesional membantu pengguna untuk meningkatkan fungsionalitas situs web tanpa menulis kode tambahan.

Fitur dan ekstensi utamanya mempengaruhi masa depan Drupal secara langsung. Selain itu, mereka berkontribusi untuk membuat Drupal sistem pengelolaan konten yang banyak digunakan.

Fitur yang Akan Segera Mempengaruhi Masa Depan Drupal

Lebih dari 38.000 modul 

Saat mengembangkan aplikasi web kustom, pengembang harus membuat banyak perubahan pada sistem manajemen konten (CMS) untuk memenuhi kebutuhan bisnis secara tepat.

Selain open source, Drupal juga dirancang sebagai CMS yang dapat disesuaikan dan dapat diperluas.

Para pengembang dapat dengan mudah memperluas dan menyesuaikan fungsionalitas Drupal dengan menggunakan modul tertentu.

Saat ini, pengembang memiliki opsi untuk memilih lebih dari 38.000 modul kontribusi untuk Drupal.

Pada saat yang sama, ia juga memiliki pilihan untuk menulis dan berbagi modul kustom sesuai dengan kebutuhan spesifik.

Lebih dari 2500 Tema

Seperti sistem manajemen konten lainnya, Drupal juga memungkinkan pengembang untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa situs web dengan menggunakan tema.

Saat ini, pengembang web memiliki opsi untuk memilih lebih dari 2.500 tema kontribusi sesuai kebutuhan masing-masing proyek.

Selain menggunakan tema yang dimiliki oleh pengembang Drupal lainnya, ia juga memiliki pilihan untuk membuat dan berbagi tema baru.

Pada saat yang sama, Drupal memungkinkan pengembang web membuat sub tema dari tema yang ada.


Oleh karena itu, pengembang dapat dengan mudah mengoptimalkan kode sumber atau fungsionalitas inti dari tema yang ada dengan membuat sub tema yang mewarisi semua sumber daya tema induk.

Mudah Digunakan Fitur dan Proses Instalasi Sederhana

Banyak pengembang bahkan merasa lebih mudah untuk menginstal dan mengkonfigurasi Drupal daripada sistem manajemen konten lainnya.

Tidak seperti sistem manajemen konten lainnya, Drupal dapat diinstal tanpa berurusan dengan pilihan konfigurasi yang rumit.

Pada saat yang sama, pengguna dapat memanfaatkan fitur yang disebut distribusi untuk menambahkan fitur atau fungsionalitas ke situs web sesuai dengan kebutuhan bisnis yang tepat

Menyederhanakan Manajemen Konten Digital

Saat ini, pengembang harus menggabungkan berbagai konten digital agar pengunjung situs tetap terlibat.

Drupal mempercepat pengembangan situs berbasis konten dengan mendukung berbagai jenis konten digital - teks, blog, podcast, statistik dan jajak pendapat.

Pada saat bersamaan, CMS memungkinkan pengembang untuk mengkategorikan konten situs web berdasarkan sejumlah parameter termasuk jalur dan alamat URL.

Para pengembang bahkan memiliki pilihan untuk mengatur dan menggunakan kembali konten digital dengan membuat daftar kustom.

Fitur untuk Memfasilitasi Pengembangan Situs Multilingual

Seiring dengan dukungan berbagai jenis konten digital, Drupal juga mempercepat pengembangan situs multibahasa melalui modul kontribusi.

Pengembang aplikasi web dapat menggunakan modul kontribusi untuk memilih, menerapkan, dan mengkonfigurasi beberapa bahasa.

Selain itu, ia bisa mempercepat penerjemahan konten situs web dengan menggunakan modul dan alat khusus.

Drupal 8.x memungkinkan pengembang untuk mempercepat terjemahan konten situs web menggunakan alat terjemahan yang kuat seperti Entity Translation.

Memfasilitasi Prototiping Cepat 

Sebagian besar perusahaan saat ini membutuhkan pengembang untuk membuat aplikasi web dan situs web sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka yang tepat.

Tapi kebutuhan dan tujuan masing-masing perusahaan berbeda.

Oleh karena itu, pengembang web harus membuat model prototipe untuk memeriksa apakah situs web memenuhi persyaratan bisnis yang telah ditetapkan sebelumnya.

Drupal hadir dengan fitur untuk mempermudah dan mempercepat prototyping aplikasi web.

Para pengembang bisa menggunakan Drupal membuat prototipe dari website yang kompleks dengan cepat sesuai kebutuhan bisnis yang beragam.

Manajemen Pengguna Tingkat Lanjut

Selain menggabungkan berbagai isi website, perusahaan juga mengelola konten website melalui beberapa karyawan.

Drupal memudahkan perusahaan mengelola konten digital dengan cepat dan efisien dengan menentukan peran pengguna khusus.

Administrator situs web memiliki opsi untuk membuat beberapa pengguna dan membuat peran pengguna khusus.

Peran khusus pengguna tertentu menentukan tingkat akses dan kontrolnya.

Administrator dapat menambahkan atau menghapus pengguna dan memodifikasi peran pengguna tanpa kerumitan apa pun.

Pendekatan Pertama Mobile

Sebagian besar pengguna saat ini mengakses situs web dan aplikasi web di perangkat seluler mereka.

Saat mengembangkan situs web, pengembang harus mencari cara untuk meningkatkan pengalaman pengguna selulernya.

Drupal memungkinkan pengembang untuk mengadopsi pendekatan pertama ponsel.

Oleh karena itu, semakin mudah bagi pengguna untuk membuat situs web yang responsif dan mobile friendly yang dapat diakses di komputer dan perangkat seluler dengan basis kode tunggal.

Drupal lebih meningkatkan keramahan situs web dengan menggunakan HTML5 sebagai bahasa markup standar web, dan menyediakan tema dan toolbar admin yang dioptimalkan untuk seluler.


Enterprise Grade Security

Banyak perusahaan lebih memilih Drupal karena fitur keamanan kelasnya yang canggih dan canggih.

Fitur keamanan bawaan yang disediakan oleh CMS memungkinkan pengembang web menjaga keamanan situs tanpa menggunakan plug-in tambahan atau modul.

Pengembang Drupal dapat meningkatkan keamanan situs web hanya melalui konfigurasi keamanan.

Para pengembang selanjutnya dapat melacak kerentanan baru dengan mengunjungi situs web Drupal dan membaca kerentanan yang diposting oleh anggota komunitas Drupal.

Meski menjadi sistem manajemen konten open source, Drupal telah berkembang secara konsisten. Versi terbaru (8.4.0) dari Drupal hadir dengan beberapa modul baru dan perbaikan under-the-hood.

Tapi Drupal, seperti sistem manajemen konten lainnya, memiliki kekurangan tersendiri.

Seorang pengembang harus meluangkan waktu dan usaha ekstra untuk belajar Drupal.

Selain itu, mereka harus menggunakan modul Drupal pihak ketiga untuk mempercepat pengembangan aplikasi web enterprise.

Kelemahan ini akan berdampak langsung pada masa depan Drupal dalam jangka panjang.